Tugas II : BAHASA INDONESIA

1. Apa yang dimaksud dengan ejaan?
Ejaan adalah seperangkat aturan atau kaidah pelambangan bunyi bahasa, pemisahan, dan penggabungannya dalam suatu bahasa. Batasan tersebut menunjukan pengertian kata ejaan berbeda dengan kata mengeja. Mengeja adalah kegiatan melafalkan huruf, suku kata, atau kata, sedangkan ejaan adalah suatu sistem aturan yang jauh lebih luas dari sekedar masalah pelafalan, ejaan mengatur keseluruhan cara menulis bahasa (kata atau kalimat) dengan menggunakan huruf , kata, dan tanda baca sebagai sarananya.

2. Apa saja yang menjadi ruang lingkup ejaan?
Ruang lingkup ejaan, terdiri dari :
– Ejaan yang disempurnakan
Membahas tata cara pemakaian huruf besar, tanda baca titik, tanda baca koma, penggunaan tanda koma dan unsur serapan
– Kalimat efektif
Membahas criteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah kalimat agar menjadi sebuah kalimat efektif yaitu keserasian hubungan makna, pemilihan kata yang tepat, konteks yang mubazir dalam kalimat serta kata yang bermakna jamak
– Paragraf
Membahas bagaimana mengenali sebuah paragraph yang baik yaitu terpenuhinya standar-standar tertentu. Standar paragraph yang baik tersebut adalah mempunyai satu gagasan dan memperlihatkan koherensi.

3. Perlukah sebuah bahasa memiliki ejaan? Mengapa?
Suatu ragam bahasa, tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan bentuk kosakata ragam bahasa baku agar dapat menjadi anutan bagi masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Maka yang perlu diperhatikan ialah kaidah tentang norma yang berlaku yang berkaitan dengan latar belakang pembicaraan (situasi pembicaraan), pelaku bicara, dan topik pembicaraan.

4. Apa peranan ejaan bagi ragam tulis?
Ragam tulis adalah bahasa yang ditulis atau yang tercetak. Ragam tulis dapat berupa ragam tulis yang standar maupun nonstandar.
Oleh karena itu, dalam penggunaan ragam bahasa baku tulis diperlukan kecermatan dan ketepatan di dalam pemilihan kata, penerapan kaidah ejaan, struktur bentuk kata dan struktur kalimat, serta kelengkapan unsur-unsur bahasa di dalam struktur kalimat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: